Sabtu, 23 Mei 2015

Pemprov DKI Akan Razia Pengamen Ondel-ondel


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera merazia pengamen ondel-ondel. Sebab, ondel-ondel dinilai telah dieksploitasi untuk meraup untung. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, ondel-ondel adalah kesenian khas Betawi yang harusnya dilestarikan, bukan dieksploitasi. Karena itu, ia meminta agar para pengamen ondel-ondel ditertibkan untuk kemudian diberikan pemahaman. Jual Kain Batik Betawi

"Sebagai masyarakat Jakarta, bagian dari warga Jakarta, saya tersinggung. Itu eksploitasi budaya. Oleh sebab itu, ditangkap pelakunya, diamankan, diberikan pemahaman. Tidak boleh menggunakan atribut budaya, apalagi di Jakarta ditonton banyak orang, malu dong," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Menurut Djarot, pelarangan ondel-ondel sama seperti pelarangan terhadap topeng monyet. Saat itu, topeng monyet dianggap sebagai tindakan ekploitasi terhadap hewan. Meski demikian, Djarot tetap mempersilakan pengamen ondel-ondel untuk tetap mengamen. Syaratnya, tidak lagi menggunakan ondel-ondel.

"Saya banyak melihat boneka-boneka lucu di tempat-tempat rekreasi. Saya juga melihat pengemis jalanan yang kalau macet pakai topeng Doraemon, badut, untuk dapat perhatian. Itu cara orang cari duit. Namun, jangan gunakan ondel-ondel, dong," ujar mantan anggota DPR RI ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar